Cerita Pengusaha yang Menginspirasi

Tadi siang di timeline ane ada yang nanya begini gan..

 

 

Makanya ane jadi kepikiran ada ga ya contoh entrepreneur-entrepreneur yang punya banyak keterbatasan tapi kemudian sakses di dunia usaha?

Cekidot Gan..

1. Hj Ramlah dan H. Irwansyah

Sumber gambar: makassarterkini.com

Pasangan suami istri ini mengalami tuna wicara (bisu) sejak kecil. Namun berkat kegigihannya, Hj Ramlah sukses memasarkan donatnya kepada orang-orang. Awalnya pun dia tidak bisa bikin donat. Hj Ramlah hanya  belajar dari iparnya. Meskipun mengalami kesulitan berkomunikasi, Cafe Mella, House of Donut akhirnya benar-benar ajib dan donatnya jadi rebutan banyak orang.

2. H Mustofa

Sumber gambar: ciputraentrepreneurship.com

Walaupun buta huruf, H Mustofa tetap gigih membangun usaha besi tua. Awalnya dia cuma kuli angkut. Tapi akhirnya dengan kenekatan dan keahlian menimbang besi tua, ia merintis usaha. Suatu waktu ia berjudi dengan membeli kapal karam yang tidak jelas keberadaannya. Kadang ia untung, kadang bisa pula apes kalau salah perhitungan, kerugiannya bisa ratusan juta. Tapi akhirnya ia sukses meraup ratusan juta setelah membeli sekitar 50 kapal. Bahkan kini ia jadi pemasok bagi empat perusahaan pengecoran besi, yaitu  Hanil, Ispatindo, Jatim Taman Steel, dan Maspion Grup.

Walaupun mengaku tidak pernah sekolah, H Mustofa senang bisa menyekolahkan semua anaknya hingga kuliah. Untuk keperluan surat menyurat dan kontrak, ia mempercayakan kepada anak buahnya. Ajib ya?

3. Sidik

Sumber gambar: kabarinews.com

Terlahir tanpa kaki, Sidik tidak menyerah dengan nasibnya. Ia malah mengucap sukur “Alhamdulillah sejak lahir saya sudah begini”. Untuk berjalan saja awalnya ia tidak bergantung kepada kursi roda, namun berusaha menggerakkan badan dengan tangan, ajib gaan.

Saat krisis moneter, Sidik terkena dampak dan di PHK dari tempat kerja. Akhirnya ia berusaha mengikuti kursus membuat kerupuk singkong. Dari sekian banyak peserta kursus, hanya ia yang meneruskan menjadi usaha sampai sekarang. “Yang lain menyerah,” katanya.

Berawal dari mengolah 10 kg singkong, sekarang ia bisa menghasilkan 1 hingga 2 juta rupiah setiap bulan, sebuah angka yang cukup lumayan karena ia bisa menghasilkan dengan keringat sendiri dengan segala keterbatasan. Ajib gaan!

4. Cahaya Wirawan Hadi

sumber gambar: crazymoney71.blogspot.com

Tidak seperti yang lain, Cahaya Wirawan Hadi tidak menderita keterbatasan fisik atau buta huruf. Namun ia membangun bisnis dari air mata. Sejak kecil ia sudah dibiasakan oleh orangtuanya untuk mandiri mencari seluruh kebutuhannya sendiri. Bahkan untuk memperbaiki celana jins saja ia harus memohon supaya tidak membayar dengan uang. Gantinya ia harus mengantar pesanan si tukang jahit selama sebulan.

Saat dewasa, ia tinggal bersama saudara. Karena tidak ingin repot,  saudaranya memasak nasi sekaligus banyak untuk beberapa hari. Terpaksalah ia memakan nasi basi. “Kuahnya air mata saya,” kata Cahaya Wirawan. Sungguh sebuah perjuangan hidup yang ajib.

4. Sugeng Siswoyudhono

Sumber gambar: Archive Kaskus

Seperti Pak Sidik, Sugeng juga tidak punya kaki. Bedanya ia kehilangan kaki setelah kecelakaan menimpanya. Namun ia memilih tidak menyerah,  justru mencarikan pemecahan bagi sesamanya yang juga mengalami keterbatasan. Akhirnya ia membuat kaki palsu. Namun ia tidak ngoyo mencari untung. Seringkali malah digratiskan. Akhirnya keikhlasan Pak Sugeng menarik perhatian Kick Andy dan sempat jadi bintang tamu. Bahkan ada gerakan 1000 kaki palsu yang membantu mereka yang membutuhkan kaki palsu dengan mamakai kaki palsu buatan Pak Sugeng.

2 responses to this post.

  1. Cerita-cerita yg sangat menarik utk dibaca dan dicontoh, jadi terinspirasi dan jadi semangat lagi…Mau nanya nich,,,saya lihat didashboard blog saya, blog ini termasuk blog pertumbuhan tercepat,,tips nya gimana ya supaya termasuk dalam kategori blog pertumbuhan tercepat? Makasih

  2. Rajin berbagi posting yang bermanfaat. Itu saja kok🙂 Sisanya luck

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: