Somalia Sandera Lagi Pelaut Indonesia

Sumber gambar: sbr.com.sg

Ga jera diganyang oleh TNI, perompak Somalia kembali menculik pelaut-pelaut terbaik Indonesia! Kapal yang dibajak mengangkut sumber daya alam Indonesia, Minyak Kelapa Sawit (CPO) yang akan diekspor ke Kenya. Namun saat sampai di tujuan, para perompak langsung ambil kesempatan menggiring kapal tidak bersalah ini ke perairan Somalia di Subuh hari.

Kali ini Warga Negara Indonesia yang diculik 13 orang. Turut serta pula 4 orang berkewarganegaraan Korea Selatan, 3 orang Myanmar, dan 5 orang China.

Pengelola Kapal  MT Gemini, berbendera Singapura, yang ditawan, menyatakan akan bekerja keras mendahulukan keselamatan awak kapal.

“Perhatian utama kami adalah keselamatan dan kesehatan awak kapal. Sejak terjadinya insiden, manajemen Glory mengusahakan seluruh upaya untuk menghubungi keluarga di negara masing-masing.”

Mereka bahkan sangat membatasi pernyataan kepada pers untuk menjaga keselamatan seluruh awak kapal.

Kronis

Perompakan di Somalia sudah menjadi penyakit bertahun-tahun akibat lemahnya pemerintahan di sana. Dalam setahun, $ 12 Triliun yang dibayarkan untuk menebus sandera, 95% nya mengalir ke kantong perompak Somalia. Biasanya para tawanan tidak disentuh, karena perompak hanya menginginkan uang, namun pembebasannya bisa sangat berbelit-belit. Rekor terlama dipegang oleh kapal MV Iceberg Panama, yang dibajak sejak  29 Maret, 2010 dan hingga kini belum juga dibebaskan.  Akibatnya para tawanan mengalami depresi sehingga satu orang memilih bunuh diri.

Tahun 2009, perompak Somalia menyerang lebih dari 130 kapal dagang di lepas pantai Somalia, naik lebih dari 200 persen dari tahun 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: